Menu Close

Bagaimana Cara Agar Tidak Hamil Ketika Berhubungan Intim

Bagaimana Cara Agar Tidak Hamil Ketika Berhubungan Intim

nered.org – Untuk menghindari kehamilan saat berhubungan intim Anda memerlukan perencanaan yang matang. Untuk sebagian orang mungkin kehamilan adalah hal yang dihindari, karena beberapa faktor yang mendorong pasangan belum siap memiliki anak. Anda dapat menggunakan perencanaan keluarga dan kontrasepsi dengan hati-hati dan perseptif maka bisa dihindari.

Artikel ini cocok untuk Anda yang aktif berhubungan intim namun ingin menghindari  kehamilan.  Simak cara yang dapat Anda lakukan. 

Cara Agar Tidak Hamil 

  1. Jangan sampai melakukan penetrasi ketika hubungan seks. Untuk menghindari kehamilan jangan penetrasi. Agar sperma tidak mencapai ke dalam vagina dan terjadi pembuahan. Ada beberapa kegiatan yang dapat Anda coba bersama pasangan agar tidak sampai penetrasi. 
  1. Ciuman bibir 
  2. Melakukan masturbasi bersama 
  3. Menggunakan bantuan mainan seks 
  4. Berfantasi seksual yang jauh 
  5. Seks secara oral
  6. Seks dengan anal 
  1. Diskusikan bersama pasangan keinginan untuk tidak melakukan kegiatan seksual hubungan intim. Hal-hal berpantang yang dilakukan untuk menghindari terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan. Dengan berpantang,  Anda memberi waktu kepada pasangan dan diri sendiri sampai siap melakukan hubungan seks. 

Menggunakan Alat Kontrasepsi 

  1. Pakai kondom saat Anda melakukannya. Kondom menjadi salah satu alat dari kontrasepsi yang dapat Anda gunakan karena dapat mencegah kehamilan. Dengan menggunakan kondom, Anda dapat menikmati hubungan bersama pasangan tanpa merasa khawatir. Kondom dapat digunakan oleh salah satu pasangan atau keduanya. 

 

Kondom tersedia di toko obat atau supermarket terdekat. Tersedia dengan beragam warna, tekstur dan warna. Sebelum menggunakan kondom periksalah terlebih dahulu apakah ada bagian yang rusak atau tidak. 

 

  1. Tambahkan cairan spermisida dalam kondom. Ini berfungsi sebagai cairan yang akan menutup pintu di vagina dan membunuh sperma dengan cairan kimia yang ada di dalamnya. Jika digunakan tanpa kondom memiliki efetivitas 78 persen namun jika digunakan bersama kondom maka tingkat efektivitas sampai 95 persen dan lebih
  2. Pakai spons kontrasepsi. Spons ini memiliki bentuk  bulat dengan bolong di tengah seperti donat berisi spermisida. Penggunaannya adalah dengan meletakan di dalam vagina dan leher rahim. Spons memiliki harga yang cukup mahal dibanding dengan kondom. 
  3. Pasang kontrasepsi diafragma. Datangi dokter untuk meminta memasangkan kontrasepsi ini. memiliki struktur fleksibel. 

Menggunakan Obat Pengontrol Hormonal 

  1. Konsultasikan bersama dokter untuk resep pil KB yang cocok untuk digunakan. Anda wajib disiplin mengonsumsinya. Terdapat berbagai merek untuk pil yang bisa direkomendasikan untuk Anda. Pilih dengan mempertimbangkan risiko dan efek samping dari penggunaan obatnya untuk Anda. 
  2. Suntik pengontrol kelahiran. Depo-provera digunakan dalam suntikan ini yaitu berupa hormon sintetis yang akan membuat Anda terhindar dari kehamilan. 
  3. Gunakan kontrasepsi lain seperti morning-after pill. Jika Anda masih tidak berhasil dengan kontrasepsi sebelumnya maka Anda bisa menggunakan ini salah satunya. 

Baca Juga : Selain Kecantikan, Ini Kegunaan Vaselin yang Jarang Diketahui

Dengan menggunakan cara di atas dan dilakukan dengan baik, Anda akan bisa mencegah kehamilan dan membuat Anda tidak hamil.