Cara Instal Microsoft Office 2010 Praktis dan Gampang

Cara Instal Microsoft Office 2010 Praktis dan Gampang

nered.org – Anda berniat untuk memakai Office 2010 di PC Anda? Produk Office yang satu ini memang bagus untuk digunakan dan memudahkan kegiatan perkantoran. Lalu bagaimana cara instal Microsoft Office 2010 yang benar?

 

Seperti pada seri Office lainnya, dalam Office 2010 ada aplikasi Word, Excel, Powerpoint, Publisher, Access, dan lainnya. Sebelum mulai menginstal ada baiknya Anda memerhatikan 2 hal berikut ini.

 

  1. Pastikan Memenuhi System Requirement

Agar kinerja aplikasinya optimal, pastikan dulu apakah PC/laptop Anda telah memenuhi System Requirement. Spesifikasi yang disyaratkan diantaranya adalah prosessor minimal 500 MHz, memori (RAM) 256 MB atau lebih, Hard Disk 3 GB atau lebih, dan lainnya.

 

  1. Uninstall Office Lainnya

Jika di laptop sudah terinstal software Ms. Office sebelumnya, sebaiknya uninstall dulu sebelum menginstal yang versi 2010. Sebenarnya tidak apa-apa jika menginstal 2 versi Office secara berdampingan, tetapi disarankan untuk memasang 1 versi saja dalam 1 sistem. Uninstall bisa dilakukan melalui fitur Add or Remove Programs ataupun melalui software uninstaller. 

 

Menginstal Office 2010

  1. Buka Laman Download Office

Anda bisa mengunduh Office versi 2010 secara legal melalui situs resmi Microsoft selama Anda punya Product Key yang valid. Temukan pilihan “Download Office 2010 with existing product key”.

  1. Klik Download

Di bawahnya ada tulisan Download yang bisa diklik. Klik tombol Download tersebut dan masukkan Product Key apabila diminta.

Selanjutnya pilih bahasa, kemudian masukkan Captcha. Begitu Anda klik tombol Submit, proses download akan dimulai.

  1. Tunggu Prosesnya

Tunggu proses download hingga selesai, kecepatan proses ini bisa bervariasi tergantung paket Office dan koneksi internet Anda. 

  1. Pasang Office

Setelah file Setup selesai diunduh, Anda bisa mulai menginstal Office. Buka file Setup tersebut, kemudian Anda diminta untuk mengetikkan Product Key.

Setelah itu, baca License Term dan klik “I accept…”, lalu klik Continue. Ikuti prosesnya dan setelah Office terinstal, bisa klik Close.

  1. Melakukan Aktivasi

Di Activation Wizard atau Panduan Aktivasi, pilihlah opsi yang disarankan, yakni “Saya ingin mengaktifkan perangkat lunak melalui internet”. Anda perlu melakukan aktivasi tersebut agar program Office dapat berfungsi sepenuhnya. 

 

Apabila Anda tidak mengaktifkannya saat proses penginstalan tersebut, Anda bisa mengaktifkannya nanti saja. Caranya, melalui aplikasi Office, klik File > Bantuan > Aktifkan Kunci Produk. Perlu diketahui, apabila laptop Anda adalah laptop yang 64 bit, maka Anda semestinya download Microsoft Office 2010 64 bit.

 

Office 2010 yang dikembangkan oleh Microsoft tersebut adalah produk berbayar. Jika Anda ingin menggunakan produk yang gratis, Anda dapat menggunakan beberapa alternatifnya, seperti LibreOffice, WPS Office, OpenOffice, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Membuat Bingkai Di Word

Demikian ulasan tentang cara instal Microsoft Office 2010 yang bisa Anda praktekkan. Semoga bermanfaat dan Anda jadi lebih mudah memasang software Office di PC/laptop. Perlu diingat, jangan menginstal software Office bajakan maupun menginstal dengan cara yang ilegal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *