Menu Close

Cara membuat kolase dengan Bahan Murah dan Sederhana

Cara membuat kolase dengan Bahan Murah dan Sederhana

nered. – Jika Anda penasaran apa itu kolase, bisa jadi Anda melewatkan pelajaran yang didapat ketika berada di sekolah dasar. Mosaik merupakan seni merangkai objek menggunakan berbagai macam bahan dasar seperti kaca, kertas, kayu, logam, biji, dahan pohon, hingga kain perca. Dalam merangkai mosaik, diperlukan keterampilan merangkai serta menempel benda-benda tersebut.

Menciptakan karya seni ini terbilang cukup mudah. Meskipun tidak membutuhkan usaha keras, membuat karya seni ini tentunya tak bisa dilakukan sembarangan. Bagi siapa pun penasaran bagaimana cara membuat kolase, simak langkah-langkah mudah membuatnya di bawah ini.

Langkah-langkah Membuat Seni Mosaik Menarik 

Menciptakan collage art tak hanya sekedar merangkai objek. Teradapat tahapan penting lainnya yang perlu juga diperhatikan dengan baik. Lalu apa saja langkah-langkah menciptakan karya seni unik ini? Simak beberapa tahapannya berikut ini.

1. Mempersiapkan Bahan-bahan 

Pastikan pembuat paham bahan-bahan paling cocok untuk dipakai dalam karya seni ini. Jika Anda memilih kertas sebagai bahan utamanya, pastikan Anda paham bagaimana cara membuat kolase dari kertas. Siapa pun dapat menggunakan media seperti koran atau majalah bekas. Selain menghemat biaya, bahan tersebut juga dinilai mudah didapatkan.

2. Menyesuaikan

Pada tahap awal, kami sarankan untuk menggunakan objek dengan tekstur sama. Jika memilih kertas, lebih baik menghindari tekstur kertas halus dan tipis. Memperhatikan tekstur serta bentuk potongan semakin memberikan kesan rapi pada hasil karya tersebut.

3. Menggunakan Peralatan Sesuai

Meskipun sudah didukung bahan tepat, namun tak menjamin hasil akan sesuai. Biasanya hal ini disebabkan karena faktor peralatan tidak sesuai. Pastikan cara membuat kolase dijadikan refrensi menyarankan pembuat untuk menggunakan peralatan seperti gunting, cutter, penggaris, ataupun lem sesuai untuk kerajinan tersebut. 

Kesesuaian alat juga berpengaruh pada komposisi collage art. Bayangkan jika gunting ternyata tumpul, tentu hal tersebut akan berdampak pada kualitas objek dihasilkan. Selain itu, karena objek berasal dari bahan berbeda jenis, pastikan bahwa lem juga sesuai dengan material digunakan. Jadi, perhatikan betul faktor peralatan ini.

4. Memastikan Tema 

Selain memilih bahan alam untuk membuat mosaik, pembuat juga wajib memastikan tema apa paling cocok. Tidak perlu rumit atau menyusahkan, siapa pun dapat mengusung tema dengan konsep unik namun tetap sederhana. Pastikan juga bahwa tema sudah didesain sedemikian mungkin pada bidang karya.

5. Perhatikan Cara Menempelkan 

Meskipun terlihat sederhana, nyatanya menciptakan collage art tak semudah yang dibayangkan. Langkah penting pembuat harus perhatikan yakni ketika menggunakan media lem atau menempelkan objek. Pastikan bahwa pembuat karya harus benar-benar memperhatikan kesesuaian desain dengan objek yang akan ditempel. 

Baca Juga : Cara Mendapatkan Kouta Gratis Dari Telkomsel

6. Memanfaatkan Material Bekas di Sekitar

Tak ada salahnya menggunakan material bekas pakai yang ada di sekitar Anda. Tumpukan koran bekas atau kertas tak terpakai bisa menjadi objek indah jika tau bagaimana menyesuaikan kompisisi yang pas. Cara membuat kolase tak selalu harus dengan material mahal. Jadi, pastikan bahwa potongan material tersebut sesuai dengan desain pada papan mosaik.