Menu Close

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah yang Sesuai Keinginan

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah yang Sesuai Keinginan

nered.org – Cara mendapatkan beasiswa kuliah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Baik itu beasiswa S1 atau S2, proses untuk mendapatkannya tidak sederhana. Ada banyak hal yang harus dilakukan mulai dari mempersiapkan diri sejak dini hingga melakukan upgrading ilmu agar sesuai dengan kriteria pemberi beasiswa.

Nah, kalau Anda ingin dapat beasiswa entah itu full atau sebagian, sebaiknya persiapkan segalanya dari awal. Jangan mendadak dan membuat peluang untuk sukses kecil. Simak langkah memperoleh beasiswa di bawah ini.

  1. Mempersiapkan Nilai Akademik

Apa pun jenis beasiswa yang mau diambil, nilai akademik adalah hal penting yang bisa menyumbang kelolosan. Untuk itu, persiapkan semuanya dari awal seperti ketika masuk ke jenjang SMA atau paling tidak pada saat kelas 12, nilai dipertahankan agar memiliki prestasi yang baik. Dari prestasi ini, Anda bisa mengajukan beasiswa ke kampus dengan bantuan sekolah.

Selain nilai akademik yang sudah didapatkan sebelumnya, Anda juga harus mempersiapkan kemampuan akademik. Beberapa kampus akan menerapkan semacam tes untuk seleksi awal beasiswa. Jadi, pastikan memiliki kemampuan yang baik di bidang yang akan diambil.

  1. Mempersiapkan Tes Kemampuan Bahasa Asing

Baik dalam negeri atau luar negeri biasanya memberikan syarat kemampuan bahasa asing khususnya Bahasa Inggris. Anda harus memiliki skor TOEFL atau IELTS yang baik agar syarat utama ini lolos dan berlanjut ke syarat berikutnya.

  1. Memilih Kampus dan Jurusan yang Sesuai 

Pilih kampus yang memang sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Kalau Anda memilih jurusan yang terlalu tinggi, tapi kemampuan yang dimiliki biasa saja, peluang untuk lolos akan rendah.

  1. Mempersiapkan Wawancara

Tahap akhir dari proses mendapatkan beasiswa S1 atau S2 adalah melakukan wawancara. Proses ini dilakukan setelah semua proses tes berjalan dengan baik. Wawancara dilakukan untuk melihat bagaimana kepribadian yang Anda miliki dan kesesuain dengan kampus dan jurusan yang mau diambil.

Terkadang, orang yang agak pas-pasan pada tes awal terlihat menawan saat wawancara. Sebaliknya, terkadang saat tes awal menakjubkan, begitu ada wawancara hasilnya biasa. Semuanya menentukan proses penerimaan.

  1. Mempersiapkan Personal Statement

Siapkan dahulu personal statement kalau ingin melamar beasiswa secara online. Umumnya, beberapa beasiswa khususnya dari luar negeri banyak yang meminta ini. Mereka ingin tahu tentang apa alasan Anda ingin kuliah hingga hal-hal unik lain yang membuat tim asesor menjadi tertarik.

Baca Juga : Hindari Beberapa Kesalahan Ini Agar Tampilan PPT Semakin Menarik

Pahami cara mendapatkan beasiswa kuliah di atas baik-baik agar Anda bisa segera memperoleh apa yang benar-benar diinginkan. Apalagi, program beasiswa yang akan diambil berada di luar negeri. Proses untuk penjajakan ke sana lebih sulit, apalagi harus ada syarat bahasa asing sampai membuat personal statement.

Terpenting dari semua, Anda harus yakin apakah bisa menjalankan kuliah dengan sekuat tenaga atau tidak. Jangan sampai saat sudah dapat beasiswa, Anda malah bermalas-malasan. Akhirnya, beasiswa malah dicabut atau Anda diminta mengganti uang yang sudah dikeluarkan oleh universitas.