Menu Close

Cara Mengatasi Biduran Secara Alami Paling Efektif

Cara Mengatasi Biduran Secara Alami Paling Efektif

nered.org – Biduran atau dalam istilah medisnya disebut urtikaria merupakan suatu kondisi ruam berwarna kemerahan yang muncul pada permukaan kulit. Meskipun kondisi ini biasa dihubungkan dengan reaksi alergi dan dipicu oleh berbagai hal seperti efek samping atau reaksi dari obat, sengatan atau gigitan serangga, suhu panas atau dingin, infeksi hingga stress. 

Biduran adalah salah satu gangguan kesehatan yang paling banyak terjadi. Menurut penelitian bahwa biduran ini dialami oleh kurang lebih 20% orang dewasa dan 15% pada anak-anak. Lalu, bagaimana cara mengatasi biduran secara alami yang aman dan efektif? berikut ini ulasannya! 

Gejala dan Cara Mengatasinya Dengan Tepat

Kondisi bercak-bercak berwarna merah, ruam dan bentol-bentol yang muncul pada permukaan kulit ini terasa sangat gatal dan panas. Biasanya muncul secara tiba-tiba dan dibagian tubuh manapun. Kondisi ini dapat menghilang dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 24 jam tanpa pengobatan khusus.

Namun, sebaiknya penderita mendapat pertolongan medis jika kondisinya parah dan menyebabkan gejala seperti pusing, tubuh terasa lemas, bengkak pada daerah sekitar mata hingga sesak napas. Karena kondisi ini menunjukkan reaksi alergi yang lebih parah dan harus ditangani dengan segera. 

Akan tetapi jika kondisinya masih ringan, maka Anda bisa mengatasi sendiri di rumah dengan beberapa perawatan di bawah ini:

  • Hindari pemicu terjadinya alergi

Langkah pertama untuk mencegahnya yaitu dengan menghindari penyebabnya untuk tidak berkontak langsung. Jika penyebabnya adalah makanan tertentu maka sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsinya. Namun jika penyebabnya stress maka harus melakukan relaksasi dan sebagainya. 

  • Melakukan kompres dingin

Cara kedua untuk meredakan biduran yaitu dengan kompres dingin. Cara ini dapat meredakan dan meringankan iritasi serta rasa gatal-gatal. Caranya, Anda bisa mengambil sebongkah es batu dan membalutnya menggunakan kain atau handuk. 

Setelah itu, Anda tempelkan pada area yang terdapat bentol-bentol dan terasa gatal. Untuk hasil maksimal, Anda bisa melakukannya kurang lebih 4 kali dalam sehari selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. 

  • Hindari cuaca panas

Suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan rasa gatal menjadi semakin parah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengenakan pakaian yang longgar dan tipis agar dapat menyerap keringat dengan mudah. Selain itu, Anda juga disarankan untuk selalu menjaga ruangan agar tetap nyaman dan sejuk. 

Kapan Anda Harus Berkunjung ke Dokter?

Jika kondisinya semakin buruk dan tidak hilang dalam waktu beberapa hari maka sebaiknya Anda segera berkunjung ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.  Dengan begitu maka dokter akan membantu Anda untuk melakukan pemeriksaan fisik serta penunjangnya seperti tes alergi dan tes darah. 

Biasanya dokter akan memberikan catatan khusus berupa penyebab biduran apa saja yang harus dihindari dan memberikan obat biduran secara tepat. Namun jika kondisinya masih ringan, Anda cukup melakukan 3 cara mengatasi biduran di atas dan dapat dilakukan di rumah secara mandiri.