Menu Close

Cara Menghitung Persen di Excel dengan Mudah dan Tepat

Cara Menghitung Persen di Excel dengan Mudah dan Tepat

nered.org – Dalam excel Anda bisa melakukan apa saja untuk membantu dalam pekerjaan yang berhubungan dengan penghitungan. Mulai dari penghitungan biaya, pengurangan, perkalian sampai penghitungan statistika yang biasa Anda hitung dengan kalkulator namun bisa dengan cukup menggunakan excel. Cara ini akan memudahkan Anda untuk menghitung data dalam dokumen Anda. 

Artikel sekarang akan membahas mengenai cara menghitung persen di excel. Dengan menggunakan cara di artikel ini akan membantu Anda yang kesulitan dalam menghitung persentase dalam data excel Anda. Simak penjelesannya sebagai berikut!

Menghitung Persentase Pada Excel 

Persentase atau persen biasanya dilambangkan menggunakan satuan (%). Semua bilangan dapat dinyatakan dalam bentuk persen seperti angka 0,5 yang jika dinyatakan dalam bentuk pecahan persen (per seratus) menjadi 50% dengan cara Anda mengalikkan 0,5 pada 100%. 

1. Pahami cara dasar untuk hitung persentase. Agar Anda bisa menghitung ini maka diperlukan nilai yang akan Anda hitung persentasenya dan nilai pembanding dengan menggunakan rumus sebagai berikut :

Persentase x = nilai x nilai pembanding x x 100%

 

Contoh : dari 10 barang yang ada di toko terjual 8 barang ke pelanggan presentase dari penjualan toko berapa? Untuk menghitungnya Anda gunakan rumus di atas masukan nilai pada rumus :

810 x 100% =  80% berarti tingkat presentase untuk penjualan adalah 80%. 

 

2. Persentase proporsi. Untuk melakukan penghitungannya Anda perlu mengetahui rumus yang digunakan. Rumusnya adalah :

% proporsi = nilai proporsi pembanding proporsi x 100%

 

Penghitungan ini dilakukan untuk menghitung suatu variabel dengan melakukan perbandingan variabel dengan pembandingnya yang menjadi bagian dari variabel tersebut. 

 

Untuk hitung pada excel Anda dapat menggunakan rumus ini : =sel nilai proporsinya/sel pembandingnya atau total dari nilai*100% 

Sebenarnya Anda tidak perlu mengalikan 100% jika excel telah diatur menjadi style persen (%) akan secara otomatis dikalikan dengan 100%. Namun jika belum kalikan saja. 

 

3. Persentase perubahan. Tujuan dari penghitungan melakukan cara ini adalah untuk memberikan perbedaan selisih nilai dari sebelum dan sesudahnya dalam bentuk persen nilai sebelum. Rumusnya :

% Perubahan  = nilai perubahan nilai sebelum perubahan x 100%

 

Jika Anda akan menggunakan dalam excel gunakan rumus : =(sel dari nilai yang akan dihitung persentasenya atau nilai awal-nilai sebelumnya)/nilai sebelumnya. 

4. Persentase kenaikan. Persentase yang menunjukan persen kenaikan dari penambahan nilai lama. Untuk mengetahui nilainya Anda mengurangi nilai yang baru dengan nilai lamanya. Rumus dari penghitungan ini adalah :

% kenaikan = nilai kenaikan  nilai sebelum kenaikan x 100%

 

Atau tulis rumus versi excel : =(sel yang mengalami kenaikan-sel sebelumnya)/nilai sebelum

Baca Juga : Bagaimana Cara Agar Tidak Hamil Ketika Berhubungan Intim

5. Persentase penurunan. Ini merupakan penghitungan kebalikan dari sebelumnya, untuk menghitung penurunan nilai. Rumus excelnya : =(nilai lama-nilai penurunan)/nilai lama.

Itulah beberapa cara menghitung persen di excel yang bisa dilakukan. Semoga artikel ini membantu untuk Anda yang bingung dalam penghitungan excel.