Menu Close

Cara Menulis Footnote dari Internet Sumber Anonim

Cara Menulis Footnote dari Internet Sumber Anonim

nered.org – Dalam sebuah penelitian proyek ilmiah, maupun atikel-artikel pembahasan karya-karya ilmiah sangat memerlukan sumber dalam memperkuat pernyataan yang dituliskan peneliti. Apalagi jika Skripsi yang kita buat memiliki banyak kutipan, berdasarkan hal ini tanggapan kita harus disertakan dengan pengutipan halaman.

Cara Menulis Footnote dari Internet Sumber Anonim
Cara Menulis Footnote dari Internet Sumber Anonim

Ada dua sumber informasi, diantaranya yaitu primer, dimana dengan melakukan wawancara, menanyakan langsung ke ahlinya tanpa perantara. Sebaliknya, sekunder melalui jurnal, buku-buku, hasil dokumentasi, maupun sumber di internet. Di era sekarang, kita lebih sering menggunakan data sekunder. Tetapi, ada kala dalam sumber tidak ada nama yang tercantumkan.

Sumber atau Informasi Sekunder Melalui Internet

Penggunaan sumber sekunder menjadi lumrah karena menyajikan berbagai informasi serta memudahkan kita mencari kutipan melalui search engine. Jikalau ingin mencari referensi buku Anda bisa mengetik www.books.google.co.id. Namun Ada kala nya web yang menjadi sumber data kita tidak ada nama penggunanya. Lalu, bagaimana cara menulis footnote dari internet sumber Anonim? Berikut caranya:

Menggunakan Modern Languange Association (MLA) Style

  • Sisipkan nama situs

Apabila pada saat Anda mulai mengutip situs website di Internet, tidak menemukan nama penulis artikel nya. Maka, cantumkan dalam daftar pustaka dengan menggunakan nama situsnya. Jangan lupa gunakan huruf kapital diawal kata dalam kalimat dan tulislah menggunakan teks miring.

  • Cantumkan nama instansi/institusi ataupun Organisasi

Organisasi-organisasi yang sudah terafiliasi, merupakan organisasi terpercaya. Institusi ini adalah sponsor atau pengelola situs website tersebut, Anda bisa menemukannya pada halaman “About” biasa nya terdapat di bagian atas, ketik lengkap dan sisipkan dengan menggunakan koma.

  • Masukkan Tanggal

Masukkanlah tanggal kapan situs itu dibuat, atau kapan informasi tersebut dibuat berlebel hak cipta pada bagian bawah halaman. Kita dapat mengetahui nya jika rentang tahun ditampilkan.

  • Tanggal Akses dan URL

Biasanya, untuk daftar pustaka sendiri, Anda harus menambahkan alamat URL agar penguji maupun orang yang bersangkutan pada karya ilmiah bisa mencari sumbernya. Jangan lupa ketiklah tanggal akses Anda kesitus tersebut sehabis menuliskan URL nya.

Menggunakan Gaya American Psychological Association (APA)

APA adalah salah satu haya kutipan lama yang dipakai untuk bidang psikologi, sosiologi, bisnis, ekonomi maupun peradilan pidana. Berikut cara pengaplikasiannya:

  • Sisipkan informasi alamat situs pada kutipannya

Misal nya penjelasan mengenai ekonomi yaitu “ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi,dan konsumsi terhadap barang dan jasa.” (https://id.wikipedia.org). jadi, kita sisipkan situs web diakhir kalimat kutipan.

  • Cantumkan judul halaman Referensi 

Jika tidak ada nama penulis di halaman referensi, cantumkanlah judul halaman nya saja. Tambahkan titik pada bagian akhir.

  • Masukkan Tanggal Penerbitan halaman

Tanggal penerbitan dalam suatu situs atau web sangat penting digunakan pada footnote kita dapat mengetahui informasi itu sudah lama apa masih baru. Misalkan tahunnya adalah 2019, tulislah (2019) dengan memakai kurung. Jika Anda tidak menemukannya, tulislah “tanpa tanggal” dengan kurung.

  • Teks miring pada Judul situs

Masukkan judul situs website dengan teks miring, huruf kapital pada awal kata. Lalu, sisipkanlah titik pada bagian akhir.

  • Mencantumkan tanggal  Akses dan URL

Anda harus mencantumkan kapan web tersebut diakses, setelah itu masukkan alamat URLnya.

  • Menyingkat judul kutipan

Gunakan kata kunci, bisa hanya satu ataupun 2 kata kunci dari judul lalu berikan koma diakhir kalimat dan apit dengan tanda kutip dan kasihlah tahun terbitnya. Contohnya: (“Komunikasi.” 2019).

Baca Juga :  Cara Merubah MP4 ke MP3

Itulah cara menulis Footnote dari Internet tanpa pencantuman nama sumber dengan memakai gaya Modern Languange Association (MLA) dan Gaya American Psychological Association (APA) yang bisa Anda praktekkan.